Minggu, 22 Agustus 2010

pandangan generasi muda terhadap pertanian

Bagi sebagian orang, pertanian merupakan bidang yang sering dianggap remeh dan tidak modern. Mereka berpendapat bahwa yang namanya pertanian pasti bergelut dengan sawah, lumpur, cangkul, dan berbagai hal yang kotor. Ada juga yang mengatakan bahwa pertanian adalah bidangnya para nenek moyang yang pekerjaannya bercocok tanam. pendapat - pendapat itu yang kemudian membuat banyak orang kurang berminat untuk mendalami ilmu pertanian.tetapi bisa kita liat betapa merosotnya minat pra pemuda untuk masuk ke fakultas pertanian. misalnya seperti yaitu penurunan kuota mahasiswa baru di fakultas pertanian. Hal itu menunjukkan bahwa akan ada kemungkinan kurangnya ilmuwan-ilmuwan masa depan yang menguasai bidang pertanian. Lalu bagaimana nasib dunia pertanian ke depan???




Sebenarnya jika kita mau berpikir dan merenung sejenak, ternyata begitu besar peran para petani dalam kehidupan ini. Tanpa jasa mereka, tentunya kita tidak bisa makan dan kita tidak bisa bertahan hidup sampai detik ini. Itu berati pertanian bukanlah suatu hal yang patut diremehkan, namun sudah seharusnya sektor pertanian itu dijunjung tinggi dan terus dikembangkan. Selama ini mungkin kita hanya berpikir sempit tentang pertanian. Namun sebenarnya pertanian itu sangat luas, meliputi berbagai bidang seperti perkebunan, perikanan, perhutanan, dan tanaman pangan. Selain itu, kegiatan yang dilakukan dalam sektor ini pun tidak hanya sekedar menanam, merawat, kemudian memanen. Lebih dari itu, banyak sekali kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan seperti dalam kegiatan agribisnis yang dimulai dari menanam, merawat, memanen, kemudian mengolah hasil produk menjadi berbagai macam bentuk olahan, hingga akhirnya siap dipasarkan, itu juga termasuk kegiatan dalam sektor pertanian. dalam bidang teknologi juga tidak kalah pentingnya peran sektor pertanian, seperti masalah pembudidayaan bibit unggul, holtikultura, dan berabgai teknologi lainnya juga dapat dikembangkan dalam sektor ini. Sebagai negara yang agraris, Indonesia sangat berpotensi sekaligus memiliki peluang yang sangat bagus untuk mengembangkan dan memajukan sektor pertanian. Sebagai generasi penerus bangsa yang siap berjuang, kita jangan mudah terpengaruh pada pendapat orang yang menganggap bahwa pertanian itu tidak penting. Kita harus berpikir jernih dan cerdas serta bijaksana bahwa sebenarnya pertanian itu sangat penting dalam melangsungkan kehidupan di dunia ini. Oleh karena itu, sebagai generasi yang muda, kita harus mampu menjadikan sektor pertanian yang maju, unggul, dan berkualitas agar kehidupan di manusia dapat berlangsung.
saya masuk di UNIPER MUHAMADIAH YOGYAKARTA (UMY) dengan tujuan untuk memajukan pertanian di daerah saya dan di negara yang kita cinyai ini. AMIN........("-")

1 komentar:

NurruddiN Ar-raniri mengatakan...

wouuuu emmmmmm ilike it kebetulan bapak gua juga petani nice ser,....gua jadi pengen masuk umy niii kayak nya gua juga punya bakat jadi petani tnk ser,.... ;)